Panduan Membeli Penjernih Udara atau Air Purifier Terbaik Untuk Ruangan Anda

Polusi udara atau udara adalah satu dari lima faktor yang menyebabkan buruknya kondisi udara. Hal ini bisa berakibat pada menurunnya tingkat kesehatan masyarakat. Apalagi di kota besar, ketika jumlah kendaraan terus bertambah dan mengakibatkan polusi udara yang terus meningkat akibat gas emisi dari kendaraan tersebut. Apabila dibiarkan terus menerus, maka semakin hari kondisi udara di lingkungan rumah Anda menjadi buruk. Humidifier adalah penjernih udara atau Air purifier bisa menjadi pilihan bagi Anda yang bermukim di lingkungan dengan kualitas udara yang sehat.

Panduan Membeli Penjernih Udara atau Air Purifier Terbaik Untuk Ruangan Anda

Penjernih udara atau Air purifier juga berguna bagi yang anggota keluarganya adalah seorang perokok. Bukan hanya menetraslisir bau atau asap, air purifier yang baik juga dapat membunuh virus atau bakteri yang bisa menyebar di udara.

Air purifier ini biasanya merupakan satu paket dengan perangkat AC. Ada juga penjernih udara atau air purifier yang dijual secara terpisah. Tidak ada salahnya mencoba memasang penjernih udara atau air purifier di rumah Anda. Namun sebelum itu mari saya ajak Anda mengenal penjernih udara atau air purifier, dan mana saja penjernih udara terbaik, sebelum nantinya memutuskan untuk membeli alat ini.

Fungsi Penjernih Udara atau Air Purifier


Fungsi dari penjernih udara atau air purifier adalah menyaring dan membuang berbagai polutan yang ada pada udara di dalam ruangan. Polutan merupakan zat yang dapat menyebabkan polusi. Ada 2 jenis polutan yang biasa ditemui di udara, yaitu partikel mikroskopis dan yang berbentuk gas. Partikel mikroskopis contohnya adalah debu, virus, serbuk, spora jamur dan bakteri. Untuk polutan gas contohnya bau cat, bau gas, produk pembersih, pestisida dan atau asap rokok.

Jenis dan Tipe Penjernih Udara atau Air Purifier


Ada 2 jenis penjernih udara atau air purifier yang biasa kita jumpai di pasaran yaitu air purifier dengan filter mekanik dan filter elektronik. Meskipun berbeda, keduanya dapat membersihkan udara ruangan dari berbagai macam polutan secara baik. Filter pada penyaring udara mekanik mampu menjerat partikel yang ada di udara, kemudian dibuang di wadah penampung, dan jika telah penuh, maka isi dari wadah bisa dikeluarkan dan dibuang. Sedangkan pada filter elektronik, digunakan listrik statis untuk menangkap partikel yang ada di udara.

Dalam Air Purifier yang berfungsi menyaring polutan berupa gas, digunakan suatu bahan yang dapat menyerap gas. Air Purifier terbaru dengan teknologi moren ada yang menghancurkan polutan dengan sinar ultraviolet, yaitu UVGI (ultraviolet germicidal irridation) dan PCO (photocatalytic oxidation). Kedua jenis penjernih udara ini menggunakan sinar UV untuk menghancurkan polutan.

Manfaat Penjernih Udara atau Air Purifier


Manfaat dari Air Purifier sudah sangat jelas, yaitu membersihkan udara dalam suatu ruangan. Bagi mereka yang mempunyai alergi, terutama alergi debu atau partikel halus, akan sangat terbantu dengan adanya penjernih udara dipasang di ruangan.

Memilih Penjernih Udara Terbaik atau Air Purifier Terbaik


Anda harus tahu fitur apa saja yang ada pada air purifier sebelum memutuskan untuk membelinya. Pelajari proses yang harus dilakukan dalam instalasi dan pemasangan alat ini. Kemudian pertimbangkan juga besaran konsumsi energi yang dibutuhkan alat ini, termasuk perawatan dan penggantian suku cadangnya bila ada yang rusak.

Pertimbangkan juga lokasi dimana penjernih udara ini akan dipasang. Ada beberapa air purifier yang menimbulkan bunyi ketika dinyalakan, jangan sampai hal ini menjadi pengganggu di kemudian hari. Untuk diketahui, ada beberapa jenis bau tertentu yang tidak bisa dihilangkan dengan air purifier.

Penjernih udara terbaik haruslah efisien, untuk itu lihatlah rating yang terdapat pada filter alat ini. Tingkat efisiensinya diukur dengan skala Minimum Efficiency Reporting Value ( MERV). Rating terendah adalah 1, dan tertinggi adalah 20. Semakin tinggi ratingnya, semakin baik kualitas penyaringan udaranya. Sehingga, bisa menyaring partikel yang berukuran kecil maupun besar.

Dengan memperhatikan beberapa hal diatas, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda dalam memutuskan untuk menggunakan alat penjernih udara atau tidak. Dan bila Anda sudah berniat membeli alat ini perhatikan pula tips diatas sehingga memperoleh penjernih udara terbaik bagi rumah Anda.
Panduan Membeli Penjernih Udara atau Air Purifier Terbaik Untuk Ruangan Anda | Mas Broto | 5