Panduan Memilih AC Rumah

Pada artikel ini, kami akan membantu Anda membeli AC yang memenuhi kebutuhan Anda. Saat ini, semua merek AC tampaknya berjuang untuk fitur yang membingungkan. Beberapa fungsi dirancang untuk membingungkan konsumen yang lupa bahwa tujuan utama AC adalah untuk mendinginkan ruangan. Fungsi ekstra adalah ekstra dan di sini kami ingin mengingatkan Anda untuk memilih sistem pendingin udara yang sesuai.

Banyak terjadi ketika konsumen membeli daya AC yang salah, sehingga konsumen sendiri dirugikan oleh konsumsi energi yang berlebihan dan ketidaknyamanan menggunakan catu daya AC.

Pada artikel ini, kami mencoba menjelaskannya secara sederhana sehingga Anda secara umum memahami apa yang penting ketika membeli AC.

Ini adalah 4 hal paling penting untuk dipertimbangkan saat membeli AC

Pilih tenaga kuda yang tepat untuk kebutuhan Anda.


Pastikan untuk memilih tenaga kuda yang tepat untuk AC Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika digunakan secara tidak benar, ruangan Anda menjadi tidak nyaman dan terlalu banyak mengkonsumsi listrik.

Konsumsi daya.


AC Anda bekerja sangat keras setiap hari. AC di kamar tidur bisa menyala lebih dari 9 jam sehari. Tentu masuk akal untuk memilih AC yang menghemat listrik.

Tipe standar atau watt rendah atau inverter?


Jangan memilih salah satu dari ketiga jenis ini, karena ini berdampak besar pada konsumsi daya.

Fungsi tambahan


AC sekarang dilengkapi dengan beberapa fungsi tambahan, mis. B. Fungsi yang dapat menghilangkan bau tidak sedap dan mengurangi virus di udara.

1. Pilih tenaga kuda yang tepat sesuai keinginan Anda

Ketika memilih AC, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu berapa daya kuda yang Anda butuhkan dari AC Anda. Jika Anda menggunakan PK yang tidak cukup besar, kamar Anda akan dingin perlahan atau terasa kurang dingin. Di sisi lain, jika Anda menggunakan tenaga kuda terlalu banyak, kamar Anda akan terlalu dingin dan Anda akan membuang-buang listrik.

Menemukan tenaga kuda yang Anda butuhkan adalah hal pertama yang harus dilakukan. Setelah Anda menentukan tenaga kuda yang benar, bandingkan jenis AC, konsumsi daya, dan fungsi tambahan lainnya.

Secara umum, gunakan rumus ini untuk menghitungnya.

= Ukuran kamar dalam m2 x 500
= Lebar x panjang x 500

Formula memberikan hasil dalam Btu. Kemudian tautkan daftar di bawah ini untuk mengonversi jumlah tenaga kuda yang dibutuhkan.

    1 / 2HP = 5000 Btu / jam (ukuran kamar 10 m2)
    3 / 4HP = 7000 Btu / jam (ukuran kamar 14 m2)
    1PK = 9000 Btu / jam (ukuran kamar 18 m2)
    1 1 / 2HP = 12000 Btu / jam (ukuran kamar 24 m2)
    2HP = 18000 Btu / jam (ukuran kamar 36 m2)

2. Konsumsi daya

Pilih AC yang efisien, karena menggunakan AC yang tepat akan sangat memboroskan tagihan listrik Anda. AC Kamar tidur Anda dinyalakan selama lebih dari 9 jam sehari. Penting bahwa Anda memilih AC yang menghemat listrik.

Pastikan untuk membandingkan AC setelah mengetahui tenaga kuda yang Anda butuhkan dari AC Anda. Tidak masuk akal untuk membandingkan AC 0,5 HP dengan AC 1,5 HP karena merupakan perbandingan antara apel dan jeruk.

Saat membandingkan, Anda juga harus memperhatikan jumlah watt daya AC yang Anda konsumsi saat pertama kali menariknya (menyalakannya terlebih dahulu) hingga Anda menjalankannya. Jenis inverter mengkonsumsi lebih banyak daya listrik saat pertama kali ditarik. Kami akan menjelaskan ini pada poin berikutnya.

3. Jenis standar, watt rendah atau inverter?

Jenis AC split saat ini dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu standar, watt rendah dan inverter. Tipe low-watt adalah tipe standar di mana konsumsi daya dalam kompresor berkurang sehingga daya menjadi efisien. Jenis daya rendah ini cocok untuk rumah tangga dengan daya listrik rendah. Secara konseptual, fungsi dari tipe daya rendah dan tipe standar adalah sama.

Tidak seperti tipe inverter, di mana inverter bekerja sangat keras ketika pertama kali ditarik untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Ketika suhu ruangan mencapai suhu yang diatur pada remote control, inverter mengurangi daya sehingga konsumsi daya watt relatif rendah. Jenis inverter ini menggunakan daya yang sangat tinggi untuk draft pertama, setelah itu konsumsi daya di ruang dingin relatif rendah.

Berikut ini cara mudah memilih jenis AC

    Rumah Anda memiliki kinerja listrik sedang -> gunakan AC watt rendah
    Pintu kamar AC Anda sering dibuka dan ditutup -> gunakan AC standar atau watt rendah
    Arus bolak-balik Anda sering ditandai -> gunakan AC Standard atau Low Watt
    AC Anda hanya berfungsi untuk waktu yang singkat (2-3 jam) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
    AC Anda telah dinyalakan untuk waktu yang lama (mulai jam 6 pagi) di ruangan yang tidak dapat dibuka dan ditutup (mis. Di kamar tidur) -> gunakan inverter

4. Fungsi tambahan

Banyak fungsi tambahan yang tidak berguna untuk AC Anda. Untuk semua fungsi, kami sarankan membeli AC dengan pembersih udara dan fungsi penghilang bau. Fungsi ini memiliki nama yang berbeda untuk setiap merek. Jadi tanyakan dulu.

Dengan merek AC American Standard, teknologi ini disebut teknologi cluster plasma. Pastikan untuk mencari teknologi serupa dari merek lain karena AC ini akan membuat ruangan Anda lebih nyaman.

Sekarang kami harap Anda cukup memahami apa yang penting ketika memilih AC. Pertanyaan lebih lanjut dapat ditanyakan di kolom komentar sehingga tim kami dapat membantu Anda.
Panduan Memilih AC Rumah | Mas Broto | 5